Jumat, 05 Agustus 2016

Resep Makanan Penderita Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah berkisar 90/60 mmHg. Seseorang yang terindeks memiliki tekanan darah rndah tersebut akan mengalami beberapa gejala seperti badan lemas, kepala pusing, wajah pucat dan mudah tersinggung.

Umumnya penderita tekanan darah rendah mudah untuk diatasi dan dicegah kembali dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayuran terutama yang mengandung zat besi, magnesium, folat dan komponen gizi seimbang lainnya.


(Baca: Jenis-Jenis Tekanan Darah Orang Dewasa)

Berikut ini ada beberapa jenis makanan untuk penderita darah rendah dalam menstabilkan tekanan darah normal, diantaranya adalah :

1. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi, kalium dengan kandungan rendah sodium dan kaya akan folat. Efeknya, dapat membuat peredaran darah lebih lancar dan membantu proses pembentukan sel darah merah.

2. Perbanyak Minum

Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Konsumsi air mineral 8 gelas per hari adalah salah satu solusi untuk dapat menaikkan tekanan darah.

3. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan juga daoat dijadikan sebagai makanan untuk penderita tekanan darah rendah dalam membantu menormalkan tekanan darah. Namun dalam menkonsumsi jenis kacan-kacangan sebaiknya jangan berlebihan.

(Baca : Penderita Asam Urat Sebaiknya Hindari Makanan Ini)

Jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi untuk penderita tekanan darah rendah seperti kacang polong, buncis, kacang merah, kacang hijau, dll.

4. Sereal dan Gandum

Jenis makanan satu ini merupakan jenis makanan yang banyak direkomendasikan oleh para ahli gizi dan dokter. Salah satunya adalah roti, juga sereal, dapat membuat badan lebih sehat untuk tekanan darah. Zat besi dalam jenis makanan tersebut mampu memperbanyak produksi sel darah merah dan menguatkan pembuluh darah.

Sumber : http://makanandarahrendah.com/resep-makanan-darah-rendah/

2 komentar: