Jumat, 05 Agustus 2016

Penderita Asam Urat Sebaiknya Hindari Makanan Ini

Pada dasarnya asam urat berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan pada jaringan pembuluh darah. Asam urat terbentuk dari hasil penguraian purin, senyawa yang ditemukan di beberapa jenis makanan dan di dalam sel tubuh.

Peningkatan kadar asam urat menyebabkan sejenis arthritis atau peradagang sendi yang disebut pirai. Proses peradangan dipicu oleh penumpukan kristal asam urat di jari-jari kaki dan tangan serta persendian lain.


Selain proses peradangan, penumpukan kristal urat pada persendian memicu nyeri yang tajam. Peningkatan asam urat di dalam darah tidak dapat terlepas dari gangguan pada kesetimbangan produksi asam urat dan pembuangannya yang melibatkan ginjal.

Sumber: https://pulauherbal.com/jurnal/86-makanan-pemicu-asam-urat.html

Apa Itu Purin?

Purin adalah zat alami yang ditemukan dalam semua sel-sel tubuh, dan di hampir semua makanan. Alasan meluasnya mereka adalah sederhana:

PURIN menyediakan bagian dari struktur kimia gen manusia, tanaman, dan hewan.

Untuk sebagian besar, makanan tinggi purin juga tinggi protein makanan, dan mereka termasuk daging organ seperti ginjal, ikan seperti mackerel, herring, sarden dan remis, dan juga ragi.

Metabolisme Purin Menjadi Asam Urat

Ketika sel-sel mati dan mendapatkan daur ulang, yang purin dalam bahan genetik mereka juga mendapatkan rusak. ASAM URAT adalah kimia terbentuk ketika purin telah dipecah sepenuhnya. Ini normal dan sehat untuk asam urat yang akan dibentuk dalam tubuh dari pemecahan purin.

Dalam darah misalnya, asam urat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah kita, sehingga pasokan terus-menerus asam urat adalah penting untuk melindungi pembuluh darah kita.

Kadar asam urat dalam darah dan bagian tubuh lainnya bisa menjadi terlalu tinggi, namun, dalam berbagai keadaan. Karena ginjal kami bertanggung jawab untuk membantu menjaga kadar asam urat darah seimbang, masalah ginjal dapat menyebabkan akumulasi asam urat yang berlebihan dalam berbagai bagian tubuh.

Kerusakan sel yang berlebihan juga dapat menyebabkan asam urat build-up. Ketika asam urat terakumulasi, kristal asam urat (yang disebut kristal monosodium urat) dapat menjadi disimpan dalam, kami tendon sendi, ginjal, dan organ lainnya. Ini akumulasi kristal asam urat disebut radang sendi yg menyebabkan encok, atau hanya “encok.”

Sumber : https://dwipresent.wordpress.com/2011/05/24/apa-itu-purin-dan-dimana-ditemukan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar